Flap adalah penampang yang terdapat pada bagian belakang sayap pesawat yang dapat bergerak naik turun. Flap pada pesawat berfungsi sebagai gaya angkat pesawat pada saat melakukan take off dan sebagai pengereman pada saat landing. Pada saat pesawat melakukan take off, sudut flap pada umunya akan terbuka antara 0 sampai 40 derajat tergantung besar daya angkat yang dibutuhkan. Besar daya angkat pesawat berbanding lurus dengan besar sudut flap, artinya jika sudut flap terbuka semakin besar berarti daya angkat yang dibutuhkan semakin besar juga, demikian sebaliknya. Saat ini flap pesawat dikendalikan secara manual oleh pilot, akan tetapi kecelakaan pesawat kerap terjadi karena adanya faktor human error yang mengakibatkan kecelakaan pada pesawat. Hal tersebut mendorong penelitian tugas akhir ini untuk mengontrol flap pesawat secara otomatis berdasarkan besar kecepatan pesawat saat take off
Pada saat pesawat take off , maka akan dibutuhkan keselarasan antara besar sudut flap yang terbuka terhadap kecepatan pesawat. Adapun tugas akhir ini yaitu untuk mengendalikan flap pesawat secara otomatis berdasarkan besar kecepatan pesawat dengan metode Fuzzy Logic. Teknik ini akan diterapkan pada sebuah pemodelan pesawat terbang.
Adapun masukannya yaitu sebuah GPS (Global Positioning System) yang berfungsi untuk mendeteksi kecepatan. Dari sisi controller yang digunakan yaitu Arduino Uno. Dimana arduino akan memberi perintah pada motor servo dan motor servo akan menggerakkan model flap pesawat. Dari pengujian diperoleh bahwa jika kecepatan pesawat saat take off diatas 40 km/jam maka sudut flap yang diperlukan yaitu 10 derajat, tetapi jika kecepatan pesawat antara 10 km/jam sampai 40 km/jam makas sudut flap juga akan terbuka antara 10 derajat sampai 40 derajat.
Kata Kunci: GPS (Global Positioning System),Fuzzy logic, Take off, Landing
Komentar :
?