Perkembangan teknologi telah merubah pola penyampaian dan penerimaan informasi baik bersifat berita maupun hiburan dari yang awalnya menggunakan media cetak lalu perlahan beralih ke media online atau internet. Detikcom merupakan pelopor situs berita online di Indonesia dan hingga saat ini merupakan situs berita yang paling sering diakses oleh masyarakat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui motif atau kepuasan yang dicari dan kepuasan yang diperoleh oleh pembaca Detikcom.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey deskriptif dengan responden sebanyak 400 orang yang merupakan followers akun @detikcom. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji wilcoxon untuk uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan dari lima motif yang ada, pembaca tidak terpuaskan pada motif Passing Time dan Convenience. Sementara itu untuk motif Interpersonal Utiliy, Seeking Information, dan Entertainment pembaca merasa terpuaskan. Kepuasan tertinggi terdapat pada motif Seeking Information dengan persentase 76.80%.
Kata Kunci: New Media, News Media Online, Uses and Gratifications