PT.ACCON (Aplikasi Data Lintas Penumpang) adalah perusahaan jasa yang bekerjasama dengan PT. Angkasa Pura 1 untuk proses pemungutan E-PSC (Electronic Passenger Service Charge) dengan visi dan misi menjadi perusahan jasa sistem pelayanan dan pengamanan pendapatan yang tersebar di seluruh Indonesia dan misi perusahaan adalah membentuk System Management Revenue Safeguarding dan peningkatan pelayanan untuk usaha pelanggan khususnya pihak PT.Angkasa Pura 1. PT.ACCON perusahaan yang mengatur manajemen pemungutan E-PSC dan menjalankan sistem aplikasi E-PSC di lingkungan bandara berikut dengan pengembangannya memerlukan perhatian lebih pada implementasi IT Governance saat ini dengan mengoptimalkan alokasi IT Resource berserta penyelarasan proses bisnis dikarenakan pemasukan perusahaan bergantung pada management fee dari hasil pemungutan E-PSC. Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi terhadap implementasi IT Governance, berupa penilaian capability level, rekomendasi perbaikan dan evaluasi IT Governance. Pada penelitian tugas akhir ini framework yang digunakan adalah COBIT 5, karena berfokus pada tata kelola maupun manajemen dan memiliki kontrol untuk setiap proses TI. Berdasarkan hasil mapping strategi bisnis yang didapatkan dari rencana strategi PT.ACCON dipetakan ke dalam Enterprise & IT Related Goal COBIT 5, didapatkan 3 proses untuk dinilai yaitu MEA01,MEA02, dan MEA03. Hasil penilaian menunjukkan proses MEA01, MEA02, dan MEA03 berada pada level 1 yaitu performed di mana proses TI sudah diimplementasikan dan mencapai tujuannya. Opportunity for Improvement (OFI) berdasarkan skala prioritas diharapkan dapat mencapai target optimalnya pada level 3 capability level yaitu Established.
Kata Kunci : Teknologi Informasi, COBIT 5, MEA, PT.ACCON