EVALUASI E-LEARNING MENGGUNAKAN VALUE MODEL( STUDI KASUS : PEMBELAJARAN JARAK JAUH TELKOM UNIVERSITY )

HAMDI

Informasi Dasar

15.04.555
371.334
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pesatnya kemajuan teknologi informasi memberi pengaruh pada perkembangan dibidang pendidikan salah satunya yaitu penerapan e-learning. Universitas Telkom sebagai salah satu institusi pendidikan di Indonesia menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh bertujuan untuk mempermudah akses pendidikan untuk mahasiswa magister. Akan tetapi belum tersedianya informasi mengenai kelebihan dan kekurangan e-learning tersebut menyebabkan sulitnya melakukan perbaikan pada kualitas e-learning. Maka dari itu perlu dilakukan evaluasi untuk menentukan prioritas peningkatan dari e-learning Universitas Telkom.

Evaluasi menggunakan metodologi value model yang dikembangkan berdasarkan empat teori yaitu information system evaluation, technology acceptance model, information success model dan e service. Dimana value model ini terdiri dari 3 layer yaitu efisiensi, efektivitas dan dampak perilaku penguna dimasa depan. Metode ini digunakan untuk mengubah data evaluasi ke bentuk bisnis analisis. Ada sembilan langkah yang akan dilakukan antara lain menentukan value model, mengumpulkan data evaluasi pengguna, menghitung cronbach alpha, menghitung rata rata untuk dimensi dan sub dimensi, esitmasi regresi, analisis korelasi dari nilai dimensi, membuat high level value model, analisis korelasi dari nilai sub dimensi dan terakhir mengidentifikasi prioritas peningkatan.

Dari penelitian ini didapatkan kelebihan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Universitas Telkom yaitu Instructor Support (dukungan dosen/pengajar) terhadap pelakasanaan pembelajaran sedangkan kelemahannya pada Technical Quality (dukungan teknis) untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran. Sedangkan prioritas peningkatan harus dilakukan pada Educational Content (konten/ materi pembelajaran) terutama pada struktur, kuantitas dan kelengkapan konten dan pada Customization (penyesuaian) agar mahasiswa bisa menyesuaikan kecepatan dan cara belajar sesuai gaya dan kebutuhannya.

Kata kunci : Evaluasi, Value Model, E Learning, PJJ Universitas Telkom

Subjek

E-LEARNING
 

Katalog

EVALUASI E-LEARNING MENGGUNAKAN VALUE MODEL( STUDI KASUS : PEMBELAJARAN JARAK JAUH TELKOM UNIVERSITY )
 
49p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HAMDI
Perorangan
Dana Sulistyo, Dawam Dwi Jatmiko
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Informatika
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini