Pendidikan anak usia dini merupakan hal yang sangat penting untuk memajukan perkembangan anak di masa yang akan datang. Dengan memberikan pendidikan, anak mendapatkan berbagai macam pembelajaran. Pembelajaran yang dikenalkan pada saat PAUD antara lain pengenalan membaca. Mengenalkan anak membaca sejak dini berarti memberikan harapan masa depan anak yang lebih baik. Di era modern, teknologi melalui aplikasi dapat digunakan sebagai solusi sarana pembelajaran anak, karena anak bisa belajar sambil bermain. Tetapi setelah peneliti melakukan survey masih ditemukan beberapa kekurangan dalam usability dan penerapan task user aplikasi pada pembelajaran PAUD. Kemudian penelitian dilakukan untuk membentuk model user experience pengenalan pembelajaran membaca untuk pendidikan anak usia dini dengan menggunakan pendekatan user experience. Selain itu penelitian ini menggunakan prinsip dari hierarchical task analysis untuk mendapatkan task user dan quality in use integrated measurement untuk memperoleh user interface sehingga terwujud user experience yang lebih baik. Model user experience yang diimplementasikan menjadi aplikasi pengenalan pembelajaran membaca menggunakan user centered design dengan paper prototyping. Penelitian ini menghasilkan model user experience sebuah model aplikasi pengenalan pembelajaran membaca yang sesuai dengan karakteristik pengguna dan kurikulum pendidikan anak usia dini yang ada di Indonesia.