Abstrak
Penggunaan website untuk mendukung aktivitas akademik dalam dunia pendidikan terus berkembang sehingga website yang berkualitas pun diperlukan. Namun, standar evaluasi kualitas website masih terbatas. ISO 9126 adalah standar evaluasi yang telah diakui secara internasional dalam mengevaluasi sebuah perangkat lunak dari sisi software engineering. Model ini dipandang sebagai standar yang pengukurannya cukup valid, reliable dan efisien dalam mengukur kualitas dari sebuah perangkat lunak. Website akademik dalam penerapannya menggunakan perangkat lunak berupa website yang dapat diakses secara online baik oleh dosen maupun mahasiswa. Pada tugas ini dilakukan evaluasi kualitas website akademik menggunakan ISO/IEC 9126 pada website akademik Universitas Telkom. Evaluasi dilakukan untuk memastikan apakah website tersebut memenuhi harapan dan tujuan pengguna. Pengguna yang dimaksud dalam hal ini adalah mahasiswa. Karakteristik ISO/IEC 9126 mampu memberikan tolak ukur yang baik dalam mengevaluasi website akademik Universitas Telkom. Evaluasi dilakukan pada karakteristik functionality, reliability, usability dan efficiency.
Berdasarkan hasil evaluasi diperoleh tiga karakteristik yang perlu untuk ditingkatkan yaitu reliability, usability dan functionality. Karakteristik efficiency ditemukan tidak valid sehingga tidak diikutkan dalam analisis dan rekomendasi dalam perbaikan selanjutnya.
Kata kunci --- evaluasi, website akademik, ISO/IEC 9126, quality model, kano model, q-score
Abstract
The use of the website to support academic activities in education continues to grow so that a quality website was needed. However, evaluation of website quality standards are still limited. ISO 9126 is one of standards of evaluation that has been recognized internationally in evaluating a software from the software engineering perspective. This model is seen as a measurement standard that quite valid, reliable and efficient in measuring the quality of a software. Academic websites in its application using the software in the form of a website that can be accessed online by both lecturers and students. In this research, we evaluate the quality of academic websites using ISO / IEC 9126 on the academic website of Telkom University. The evaluation is conducted to ascertain whether the website meets user expectations and goals. Users are referred to in this case was university students from different faculty and study. Characteristics of ISO / IEC 9126 is able to provide a good benchmark to evaluate the University's academic website Telkom. Evaluation focused on the characteristics they are functionality, reliability, usability and efficiency.
Based on the evaluation results we obtained three characteristics that need to be improved, they are reliability, usability and functionality. Efficiency characteristics found invalid on validity test so it is not included in the analysis and recommendations for further improvement.
Keywords --- evaluation, academic websites, ISO / IEC 9126, quality models, Kano models, q-score