Dunia bisnis ritel mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, hal ini ditandai meningkatnya jumlah ritel. Umumnya setiap ritel menggunakan sistem komputerisasi dalam penyimpanan data penjualan dan pembelian yang menghasilkan data transaksi. Data transaksi tersebut dapat digunakan sebagai sumber informasi penting dalam mempertahankan keberadaan usaha tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan untuk dapat mempertahankan bisnis ritel ini adalah dengan meningkatkan dan mempertahankan tingkat pertumbuhan penjualannya.
Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi analisis keranjang belanja (market basket analysis) yang berkaitan dengan data transaksi penjualan yang menggunakan aturan assosiasi, mengidentifikasi beberapa tipe dari kaidah asosiasi yang berkaitan dengan data transaksi penjualan yaitu nilai-nilai support dan confidence, mengetahui combinasi dari item-item yang sering dibeli bersamaan oleh konsumen. Penelitian diolah dengan menggunakan software Microsoft Office Excel 2010 dan software matlab 2013. Data dianalisis menggunakan algoritma pincer-search yang menghasilkan aturan asosiasi dengan pola “if-then”. Hasil dari Aplikasi Analisis Keranjang Belanja adalah rule-rule yang menerangkan kecenderungan pelanggan dalam membeli barang-barang yang dibeli secara bersamaan, rule-rule tersebut akan digunakan untuk menentukan penempatan item-item agar supermarket dapat memaksimalkan keuntungan yang
dapat diperoleh supermarket, dalam studi kasus ini adalah Yomart.
Kata Kunci: Market Basket Analysis, Algoritma Pincer-search, Support,
Confidence