Perguruan tinggi merupakan salah satu organisasi yang menghasilkan produk atau karya. Jumlah perguruan tinggi di Indonesia sangat banyak. Dengan demikian, potensi produk atau karya yang dihasilkan oleh seluruh perguruan tinggi Indonesia menjadi sangat besar untuk dapat dijual melalui internet. Telkom University yang merupakan salah satu perguruan tinggi yang belum memiliki aplikasi marketplace yang terintegrasi. Oleh karena itu, permasalahan penelitian ini adalah bagaimana aplikasi marketplace yang sesuai dengan kebutuhan perguruan tinggi khususnya Telkom University.
Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Iterative Incremental yang meliputi fase business modelling, requirement analysis, analysis design, implementation dan testing. Dalam penelitian ini menghasilkan sub modul yang dapat melakukan inisiasi produk, melakukan review produk, melakukan penjualan produk, serta dalam melakukan pembayaran hanya dapat melakukan konfirmasi pembayaran saja. Role yang terlibat dalam aplikasi ini diantaranya administrator, moderator, contributor, guest, sales dan payment. Penelitian ini menggunakan unit testing serta user acceptance testing.
Berdasarkan hasil user acceptance testing, aplikasi yang dikembangkan pengguna dapat menerima fitur yang dikembangkan dan menilai aplikasi dibutuhkan dan dapat diterapkan. Saran dari hasil penelitian ini untuk selanjutnya yaitu dengan menambahkan proses pembayaran transaksi terintegrasi dengan sistem, serta dapat menambahkan penyertaan biaya kirim terintegrasi dengan sistem pada perusahaan jasa pengiriman barang.