ABSTRAK
Muhammad Husni Putra. Teknik Komunikasi Pengajar dengan Anak Autis dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah Berkebutuhan Khusus Anak Autis Yayasan Pelita Hafizh Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan karena masih banyak terdapat anak autis yang mengalami gangguan komunikasi di yayasan ini padahal para pengajar telah berusaha menerapkan teknik komunikasinya secara maksimal. Penelitian ini menganalisis Teknik komunikasi yang terjadi antara pengajar dengan anak autis di sekolah berkebutuhan khusus autis Pelita Hafizh Kota Bandung. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik komunikasi yang digunakan pengajar dalam menangani anak autis dalam proses belajar mengajar di kelas. Metodologi penelitian adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus deskriptif. Subjek penelitian ini adalah empat orang pengajar sebagai informan wawancara dan objek penelitiannya adalah teknik komunikasi pengajar dengan anak autis. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, pencatatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik komunikasi yang digunakan pengajar dengan anak autis dalam kegiatan proses belajar mengajar adalah teknik komunikasi kombinasi, yaitu teknik komunikasi instruktif dan teknik komunikasi persuasif.
Kata Kunci— [Teknik komunikasi, Pendekatan teknik komunikasi, efektivitas komunikasi antarpribadi, dan autistik].