Media pembelajaran interaktif merupakan salah satu
inovasi teknologi pada bidang pendidikan
[1].
Pada era modern saat ini media pembelajaran interaktif terus berkembang dan
melahirkan model pembelajaran modern, salah satunya adalah media pembelajaran
interaktif pada aplikasi smartphone android.
Pada _play store__android_ terdapat banyak aplikasi yang mengangkat konsep pengenalan
berhitung untuk anak usia dini_. _Penulis
pun melakukan survei _usability test_
dan wawancara untuk mendapatkan informasi mengenai pengetahuan dan perkembangan anak usia dini
tentang teknologi dan perkembangan belajar berhitung. Berdasarkan survei _usability test_ yang penulis lakukan,
masih ditemukan beberapa kekurangan pada aspek _usability. _Beberapa aspek _usability_
yang belumterpenuhi yaitu penanganan
kesalahan, memorabilitas, serta efisiensi yang rendah. Ketiga aspek tersebut
merupakan bagian terpenting untuk membuat _experience_
yang baik kepada _user_. Untuk
meningkatkan aspek _usability_ maka
dibuatlah model UX untuk pengenalan aplikasi belajar berhitung. Penulis
melakukan analisis _task _menggunakan _hierarcichal task analysis_ terhadap
aplikasi yang sudah ada, melakukan identifikasi terhadap karakteristik anak
usia dini menggunakan persona, pembuatan model konseptual dan skenario _model user experience_ yang sesuai dengan
kurikulum pendidikan anak usia dini, serta mengidentifikasi aspek _usability_ yang dihasilkan menggunakan
faktor QUIM. Model UX yang dihasilkan penulis implementasikan dalam bentuk
prototipe aplikasi berbentuk _flash _pada
smartphone _android_. Prototipe
tersebut dibuat sebagai bentuk rekomendasi antarmuka terhadap model UX yang
telah dibuat.
Kata kunci : media pembelajaran
interaktif, usability test, user
experience, hierarcichal task
analysis, QUIM