Program studi system informasi Universitas Telkommemiliki beberapa mata kuliah yang
mengajarkan tentang pemrograman dalam bahasa Java., mata kuliah tersebut adalah
algoritma pemrograman, stuktur data dan pemrograman lanjut, dan pemrograman
berorientasi objek. Mata kuliah tersebut dilaksanakan dengan harapan kelak akan
menghasilkan programmer Java yang handal dan kompeten serta untuk melatih pola pikir
mahasiswa. Namun, proses belajar mengajar di kelas pemrograman masih belum interaktif
sehingga banyak mahasiswa yang bosan dan kurang paham tentang materi yang diajarkan.
Hal tersebut dapat dilihat dari data yang kami dapat dari hasil praktikum mata kuliah
algoritma pemrograma. Berdasarkan data tersebut, dapat kami simpulkan bahwa nilai rata
– rata dari praktikum algoritma pemrograman adalah 75,28. Untuk mendukung hasil
tersebut kami mengadakan survey yang diikuti oleh 179 mahasiswa Sistem Informasil di
Universitas Telkom. Survey dilaksanakan dengan memberikan beberapa soal yang
mencakup tiga aspek, yaitu : recall of data, comprehension, dan analytical skill. Hasil dari
survey menyatakan bawha 28% mahasiswa menjawab soal comprehension dengan benar,
28% mahasiswa menjawab soal analytical skill dengan benar, dan 44% mahasiswa
menjawab soal recall of data dengan benar.
Dalam tugas akhir ini, penulis bermaksud untuk membangun sebuah platform baru sebagai
media pembelajaran pemrograman Java untuk mahasiswa Program Studi Sistem Informasi
dengan metode Heuristic Learning. Dengan program ini, mahasiswa dituntut untuk
melakukan live coding dalam bahasa pemrograman Java sehingga mahasiswa menjadi
lebih paham mengenai materi yang diajarkan. Selain untuk mahasiswa, program ini juga
dirancang untuk dosen sehingga dosen dapat menambahkan konten baru untuk para
mahasiswa. Dengan adanya platform ini, diharapkan pemahaman mahasiswa mengenai
pemrograman dalam bahasa Java dan interaksi antara mahasiswa dan dosen menjadi
meningkat.
Kata Kunci : Gamification, Pembelajaran Heuristik, Itearive and Incremental.