Perkembangan teknologi berkembang secara drastis dan terus berevolusi, hingga menciptakan obyek-obyek, teknik yang dapat membantu manusia dalam pengerjaan sesuatu lebih efisien dan cepat. Industri perbankan merupakan industri yang mendapatkan manfaat dari perkembangan teknologi tersebut yang mampu merubah transaksi perbankan secara konvensional menjadi transaksi perbankan online yang lebih dikenal dengan electronik banking. Electronik banking tumbuh dengan cepat di Indonesia, dan bank BRI merupakan bank yang mengalami pertumbuhan electronic banking yang sangat tinggi di Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi keinginan nasabah bank BRI dalam melakukan transaksi electronik banking. Pada penelitian ini nasabah dibagi dua golongan yaitu nasabah pengguna e-banking dan nasabah non-pengguna e-banking. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan sampel dilakukan dengan menyebarkan kuesioner, menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling kepada 468 nasabah bank BRI. Penelitian ini menggunakan teknik analisis faktor untuk mengetahui faktor yang memperngaruhi keinginan nasabah bank BRI dalam melakukan transaksi electronik banking dengan menggunakan TAM sebagai model penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 9 faktor terbentuk untuk nasabah golongan non-pengguna e-banking yaitu security and ability, performance, enjoyment, infomation of usefulness, perceived easy of use, prior intermet knowledge, perceived benefit, time, dan service accelerat. Serta 10 faktor terbentuk nasabah golongan pengguan e-banking yaitu percived benefit, performance, prior internet knowledge, perceived easy of use, technology, enjoyment, comfort, information on e-banking, security and usefulness, dan service quality.
Terdapat perbedaan pada beberapa faktor yang terbentuk antara kedua golongan. Pada golongan non pengguna e-banking terdapat faktor security and ability, information of usefulness, time dan perceived service accelerate. Sedangkan pada golongan pengguna terebentuk faktor technology, comfort, information on e-banking, sercurity and usefulness, serta service quality.
Kata Kunci: Analisis Faktor, TAM, Electronik Banking.