Pertumbuhan pengguna internet yang sangat cepat termasuk jumlah pengguna media
sosial facebook di Indonesia yang menduduki peringkat pertama dibandingkan dengan
media sosial lain, membuka peluang besar bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) Aulia
Sari untuk menggunakannya sebagai media komunikasi pemasaran yang efektif dan
efisien.
Penelitian ini merancang iklan terbaik untuk memasarkan produk dodol rumput laut
Aulia Sari menggunakan Facebook Advertising. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah dengan menguji 3 iklan facebook yang ditempatkan kedalam 3
lokasi yaitu desktop, kolom kanan dan mobile. Hasil pengujian 3 iklan Aulia Sari
melalui facebook advertising manager diperoleh data hasil pengujian iklan yang bisa
diukur tingkat efektivitas dan efisiensi iklan berdasarkan metrik iklan reach, click, cost
per click (CUC) dan Unique Click Through-Rate (UCTR). Melalui metrik pengukuran
iklan facebook tersebut, dilakukan uji perbandingkan untuk menganalisis lebih detail
performansi masing-masing iklan.
Berdasarkan hasil pengujian iklan selama 7 hari, diperoleh hasil iklan paling efektif dan
efisien adalah iklan dengan lokasi mobile. Biaya yang dikeluarkan oleh iklan lokasi
mobile adalah Rp. 691,00 per klik iklan dengan jumlah klik iklan sebanyak 254 unique
click serta tingkat klik iklan atau UCTR sebesar 14%. Berdasarkan hasil uji
perbandingan iklan facebook Aulia Sari, terdapat perbedaan signifikan metrik iklan
untuk nilai click dan cost per click antara iklan lokasi mobile (successful ads) dengan
iklan lokasi desktop dan kolom kanan. Oleh karena itu, Aulia Sari lebih efektif dan
efisien untuk menjalankan iklan facebook dengan lokasi penempatan iklan mobile.