Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana pembentukan konsep diri dari anggota Bintara TNI, dan juga mengidentifikasi motif awal yang mengarah pada pemahaman konsep diri TNI sendiri. Kemudian bagaimana pendidikan membentuk konsep diri dan seperti apa doktrin TNI memengaruhi profesionalisme mereka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dengan fenomenologi akan dapat dijelaskan apa yang dialami oleh para Informan (secara tekstural) dan bagaimana para Informan tersebut mengalaminya( secara struktural). Langkah langakah pengolahan data fenomenologi penelitian ini berupa wawancara-membuat significant satatement, formulated meaning dan cluster of meaning, yang kemudian dibuat tematisasi untuk menjawab fokus penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara mendalam dan observasi. Subyek penelitian terdiri dari tiga orang yang memiliki karakteristik laki-laki, usia 25-50 tahun, sudah menjadi prajurit TNI selama lima tahun, dan memiliki pengalaman pelaksanaan tugas dan pendidikan di TNI. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada ketiga subyek penelitian, bahwa awal mula mereka memilih profesi TNI adalah dipengaruhi oleh significant other dan faktor ekonomi. Kemudian pemahaman secara keseluruhan tentang konsep diri mereka adalah sosok yang gagah dan disiplin dan bila dikategorikan sebagai konsep diri positif. Sedangkan profesionalisme bagi bintara TNI adalah menjalankan tugas militer sesuai bidangnya dan mengabdikan diri pada Negara dan bangsa secara sepenuhnya. Profesionalisme dan konsep diri terbentuk pada saat pendidikan dan berkaitan dengan doktrinasi TNI selama masa pendidikan.
Kata Kunci: konsep diri, Bintara TNI, Profesionalisme