Perancangan Media Penunjang Pembelajaran Pupuh Bagi Siswa SMP

WILDAN GUSTIA

Informasi Dasar

83 kali
15.04.1044
006.78
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Indonesia memiliki banyak sekali keberagaman budaya , salah satunya yaitu karya sastra. Karya sastra yang muncul merefleksikan situasi sosial dari masyarakat yang menciptakannya. Contohnya pada saat sebagian wilayah Sunda dijajah oleh mataram pada awal abad ke- 17, bentuk karya sastra sunda dipengaruhi oleh kesusastraan dan kebudayaan Jawa. Salah satu contoh karya sastra sunda yang dipengaruhi kebudayaan jawa adalah pupuh. Seiring perkembangan zaman, pupuh menjadi materi pelajaran pada muatan lokal di sekolah tingkat dasar dan menengah pertama. Namun, perkembangan media pembelajaran yang lambat dan kurangnya penggunaan bahasa sunda pada kehidupan sehari-hari membuat siswa kesulitan untuk memahami isi cerita dan aturan dari suatu pupuh. Berdasarkan data yang diperoleh dari metode yaitu wawancara, observasi dan studi pustaka, diperlukan media penunjang pembelajaran yang dapat membatu siswa untuk lebih mudah memahami atuaran dan isi cerita dari suatu pupuh. Cara yang akan dilakukan yaitu dengan membuat aplikasi penunjang pembelajaran pupuh karena media ini dianggap cukup dekat dan disukai oleh siswa. Melalui aplikasi siswa dapat mendengarkan audio dari suatu pupuh dan melihat visualisasi dari pupuh tersebut. Pada akhirnya pupuh akan lebih mudah dipahami oleh siswa baik itu aturannya maupun isi cerita dari suatu pupuh yang disajikan.

Kata Kunci : Aplikasi, Media Penunjang Pembelajaran, Sunda

Subjek

GRAPHIC DESIGN
 

Katalog

Perancangan Media Penunjang Pembelajaran Pupuh Bagi Siswa SMP
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WILDAN GUSTIA
Perorangan
Syarif Hidayat, Dinda Anindita
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini