Media internal menjadi penting dalam suatu perusahaan, hal ini dikarenakan media internal digunakan sebagai medium penyebaran informasi mengenai perusahaan kepada publiknya. Salah satu bagian di dalam perusahaan yang mengemban tugas dalam merancang serta menyampaikan informasi kepada publik perusahaan, baik internal maupun ekternal adalah Public Relations (PR). Pada penelitian ini peneliti menggunakan studi deskriptif kualitatif dengan paradigma postpositivism. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Dalam perjalanannya, PR PT. KAI memanfaatkan salah satu bentuk media internal berupa tabloid untuk memenuhi kebutuhan khalayak akan informasi mengenai perusahaan. Adapun media ini diberi nama Tabloid Kontak. Ada beberapa tahapan yang dilakukan oleh humas PT KAI dalam pengelolaan Tabloid Kontak, hal ini dikenal juga dengan istilah proses kerja humas. Adapun tahapan tersebut adalah (1) fact finding, pada tahap ini humas PT KAI mengumpulkan informasi kolektif dari PT KAI di Daerah, (2) Planning, pada tahap ini terdapat empat jenis perencanaan yaitu perencanaan kegiatan, isi, media, serta distribusi, (3) Communicating, pada tahap ini pihak humas PT KAI melakukan kegiatan komunikasi menggunakan media cetak dan website, (4) Evaluating, pada tahap ini humas PT KAI melakukan evaluasi program dan proses kerja yang dilakukan. Secara kesulurahan proses pengelolaan yang dilakukan sudah cukup baik.
Kata Kunci : Media Internal, Proses Public Relations