PT. Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI) adalah salah satu Badan Usaha
Milik Negara (BUMN) yang memiliki beberapa anak perusahaan dengan jumlah
tenaga kerjanya terdiri dari kurang lebih 600 orang. Pengelolaan Teknologi
Informasi terkait aspek layanan organisasi dan SDM pada PT.Industri
Telekomunikasi Indonesia (INTI) belum optimal dalam mendukung jalannnya
proses bisnis dan tujuan perusahaan. Hal ini dapat dilihat dari menurunnya
kepuasan pelanggan yang diakibatkan oleh tidak adanya mekanisme internal
dalam mengidentifikasi dan mengukur persyaratan dan harapan pelanggan serta
kepuasan pelanggan. Disamping itu, tidak ada pula mekanisme secara sistematis
untuk membangun loyalty pelanggan dalam rangka customer retention.Maka
dari itu diperlukan perancangan tata kelola teknologi informasi di PT.INTI
untuk pengelolaan mutu dan kinerja teknologi informasi yang mengelola SDM
yang dimiliki agar tujuan dari perusahaan dapat tercapai. Penelitian ini
menggunkaan framework COBIT 5 yang difokuskan pada domain APO (Align,
Plan, and Organize).Proses penelitian ini dimulai dengan melakukan studi
literatur dan studi lapangan terkait tata kelola teknologi informasi di PT.INTI.
Selanjutnya dilakukan penilaian dan analisis terhadap tingkat kapabilitas
PT.INTI saat ini berdasarkan COBIT 5. Hasil penilaian dan analisis kemudian
dituangkan kedalam perancangan proses tata kelola TI dan perancangan
dokumen untuk melengkapi hasil penilaian kapabilitas yang kurang berdasarkan
COBIT 5.
Katakunci : Teknologi Informasi, Tata Kelola, COBIT 5, APO, PT.INTI