ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA SITUS JUAL BELI KASKUS)

OLVY NANDA DEWI

Informasi Dasar

125 kali
15.06.231
658.834 2
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Perkembangan teknologi yang semakin maju menuntut banyak perusahaan meningkatkan kemampuannya dalam melihat perilaku konsumen saat ini, konsumen atau pelanggan mungkin menyatakan akan membeli produk kita namun tiba-tiba saja mereka membatalkan rencananya.Untuk itu perusahaan harus memahani apa yang terjadi dalam kesadaran pembeli mulai dari faktor kebudayaan, faktor sosial, dan faktor pribadi hingga mucul keputusan pembelian. Hal ini disadari oleh situs jual beli KASKUS, dengan melihat perilaku konsumen yang sering berbelanja online dibandingkan berbelanja langsung KASKUS yakin akan mempertahankan posisi perusahaan dalam pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen terhadap e-commerce dan pengaruhnya pada keputusan pembelian situs jual beli KASKUS. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, pengumpulan data melalui kuesioner. Uji data melalui uji validitas dan reliabilitas. Analisis statistic melalui uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis. Dengan pengambilan sampel yaitu pengguna situs jual beli KASKUS tahun 2014. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial perilaku konsumen situs jual beli KASKUS Faktor Budaya (X1) memiliki pengaruh yang signifikan sebesar thitung(2,786) > ttabel (1,98), dan Faktor Pribadi (X3) berpengaruh signifikan sebesar thitung (4,965) > ttabel (1,98), sedangkan untuk Faktor Sosial (X2) tidak berpengaruh secara signifikan karena thitung (1,119) < ttabel (1,98). Uji hipotesis secara simultan menunjukan bahwa Faktor Budaya (X1), Faktor Sosial (X2), dan Faktor Pribadi (X3) berpengaruh terhadap keputusan pembelian karena Fhitung (48,399) > Ftabel (2,642). Berdasarkan analisis regresi linier berganda diperoleh hasil Y = 4,670 + 0,342X1 + 0,171X2 + 0,724X3. Berdasarkan uji koefisien determinasi, maka dapat diambil kesimpulan bahwa perilaku konsumen memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan persentase sebesar 60,2% sedangkan sisanya sebesar 39,8% dipengaruhi oleh faktor lain di luar perilaku konsumen yang tidak di teliti pada penelitian ini.

Kata Kunci : Pemasaran, Perilaku Konsumen, E-commerce, Keputusan Pembelian

Subjek

E-COMMERCE
 

Katalog

ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA SITUS JUAL BELI KASKUS)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

OLVY NANDA DEWI
Perorangan
Fanni Husnul Hanifa
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini