Perkembangan teknologi yang semakin maju menuntut banyak perusahaan meningkatkan kemampuannya dalam melihat perilaku konsumen saat ini, konsumen atau pelanggan mungkin menyatakan akan membeli produk kita namun tiba-tiba saja mereka membatalkan rencananya.Untuk itu perusahaan harus memahani apa yang terjadi dalam kesadaran pembeli mulai dari faktor kebudayaan, faktor sosial, dan faktor pribadi hingga mucul keputusan pembelian. Hal ini disadari oleh situs jual beli KASKUS, dengan melihat perilaku konsumen yang sering berbelanja online dibandingkan berbelanja langsung KASKUS yakin akan mempertahankan posisi perusahaan dalam pasar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen terhadap e-commerce dan pengaruhnya pada keputusan pembelian situs jual beli KASKUS. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, pengumpulan data melalui kuesioner. Uji data melalui uji validitas dan reliabilitas. Analisis statistic melalui uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis. Dengan pengambilan sampel yaitu pengguna situs jual beli KASKUS tahun 2014.
Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial perilaku konsumen situs jual beli KASKUS Faktor Budaya (X1) memiliki pengaruh yang signifikan sebesar thitung(2,786) > ttabel (1,98), dan Faktor Pribadi (X3) berpengaruh signifikan sebesar thitung (4,965) > ttabel (1,98), sedangkan untuk Faktor Sosial (X2) tidak berpengaruh secara signifikan karena thitung (1,119) < ttabel (1,98). Uji hipotesis secara simultan menunjukan bahwa Faktor Budaya (X1), Faktor Sosial (X2), dan Faktor Pribadi (X3) berpengaruh terhadap keputusan pembelian karena Fhitung (48,399) > Ftabel (2,642). Berdasarkan analisis regresi linier berganda diperoleh hasil Y = 4,670 + 0,342X1 + 0,171X2 + 0,724X3. Berdasarkan uji koefisien determinasi, maka dapat diambil kesimpulan bahwa perilaku konsumen memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan persentase sebesar 60,2% sedangkan sisanya sebesar 39,8% dipengaruhi oleh faktor lain di luar perilaku konsumen yang tidak di teliti pada penelitian ini.
Kata Kunci : Pemasaran, Perilaku Konsumen, E-commerce, Keputusan Pembelian