Abstrak
Manusia sebagai mahluk memerlukan sebagian waktunya untuk beristirahat dan hiburan. Salah satu hiburan yang dapat dilakukan adalah dengan berwisata. Ada banyak macam wisata salah satunya wisata Pantai. Garut Selatan merupakan kabupaten yang akan terbentuk dalam waktu dekat ini memiliki potensi wisata pantai yang besar. Terbukti dengan luasnya bentang pesisir pantai Garut Selatan yang berbatasan dengan samudra hindia memiliki panjang 85 Km.
Pantai Garut Selatan merupakan pantai yang didominasi oleh gugusan karang dan belum dikelola secara maksimal. Dalam menghadapi persaingan antara Pantai Wisata, pantai Garut Selatan belum menunjukan potensinya. Salah satu penyebab kurangnya informasi mengenai pantai wisata Garut Selatan adalah sulitnya transportasi dan kurangnya media promosi untuk para wisatawan.
Guna menjawab permasalahan diatas penulis akan berusaha memperoleh data melalui metode observasi pantai wisata Garut Selatan, metode wawancara terhadap DISPARBUD Garut, aktivis Jelajah Garut, dan para pengunjung yang berwisata ke Pantai Garut Selatan untuk menentukan Target Audience. Lalu menganalisa seluruh data dengan analisis SWOT dan matriks. Setelah seluruh data dan analisis diperoleh penulis akan merancang logo wisata Garut Selatan dan logo – logo setiap pantai wisata berdasarkan beberapa aspek, yaitu legenda, tradisional, dan bangunan khas pantai tersebut. Media-media yang digunakan antara lain billboard, website, iklan majalah, web-banner, jejaring sosial facebook, brosur, pin, sticker, peta wisata, dan road side signage.
Diharapkan dengan adanya perancangan Tugas Akhir ini dapat membantu pantai wisata Garut Selatan dalam memperkuat identitasnya sekaligus merancang media promosi yang tepat sehingga masyarakat lebih mengetahui dan datang berwisata ke pantai wisata Garut Selatan sehingga dapat menambah pendapatan masyarakat dan daerah sekitar.
Kata Kunci : Pantai, Garut Selatan, Logo, Media Promosi, Pantai Wisata