Phoenix Food adalah produsen oleh-oleh khas Lombok berupa dodol dan manisan berbahan dasar rumput laut yang telah berdiri sejak tahun 2000. Selain dodol dan manisan rumput laut yang menjadi produk unggulan, Phoenix Food juga memproduksi makanan olahan lain yaitu keripik rumput laut serta kacang mete.
Sebagai oleh-oleh khas Lombok, sayangnya Phoenix Food belum begitu dikenal masyarakat maupun wisatawan yang berkunjung ke Pulau Lombok. Identitas visual yang dimiliki oleh Phoenix Food masih lemah dimata konsumen. Logo Phoenix Food terbilang terlalu rumit, sehingga sangat susah diingat. Selain itu, Phoenix Food juga terbilang kurang memperhatikan promosi yang dilakukan, sehingga pesan yang ingin disampaikan kepada konsumen kurang efektif.
Proyek tugas akhir ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap Phoenix Food sebagai produsen oleh-oleh khas Lombok melalui perancangan ulang logo, serta perancangan media promosi yang tepat dan efektif bagi target pasar Phoenix Food.
Dalam menyelesaikan permasalahan yang dialami Phoenix Food, penulis mengumpulkan informasi serta data yang diperlukan melalui wawancara, observasi, maupun studi pustaka. Berdasarkan data yang diperoleh, maka dipilihlah dua belas jenis media promosi yang dibutuhkan oleh Phoenix Food, yaitu papan nama, brosur, kartu nama, packaging, digital poster, iklan majalah, iklan koran, website, Facebook, goodie bag, dan booth. Melalui proyek tugas akhir ini penulis berharap dapat membantu Phoenix Food dalam menguatkan citranya sebagai oleh-oleh khas Lombok.
Kata Kunci : Identitas Visual, Media Promosi, Logo, Phoenix Food