DESAIN DAN IMPLEMENTASI KENDALI PID ADAPTIF PADA KECEPATAN MOTOR DC

HARDY PURNAMA NURBA

Informasi Dasar

92 kali
15.04.1506
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Sistem kendali dengan PID tunggal telah banyak digunakan dalam mengontrol kecepatan putar motor DC. Sistem kendali ini mampu mengendalikan kecepatan putaran motor DC hingga mencapai setpoint yang diberikan. Dalam kenyataannya, Sistem kendali PID tunggal hanya mampu bekerja untuk kondisi yang bersifat linier. Sedangkan Motor DC merupakan sebuah plant yang memiliki efek non-linieritas. Efek non-linieritas ini membuat sistem kendali PID tunggal tidak mampu menghasilkan respon keluaran yang memiliki karakteristik yang sama jika diberikan nilai setpoint yang berbeda-beda. Pada tugas akhir ini penulis merancang suatu kendali PID yang bersifat adaptif yang mampu mengendalikan kecepatan putaran motor DC dalam setiap setpoint yang diberikan sesuai batasan yang ditentukan dengan cara menghilangkan karakteristik non-liniernya. Kendali Adaptif PID dirancang dengan menggunakan metode kendali adaptif Gain Scheduling. Metode ini diimplementasikan pada kendali PID dengan melakukan pemetaan pada daerah kerja motor DC. Penggunaan adaptif PID dengan Gain scheduling ini menghasilkan waktu naik (rise time) sebesar 0,9 detik. Overshoot dan error steady-state dari respon trayektori tidak ada, namun masih terdapat sedikit osilasi sebesar 1 rpm.

Kata kunci : PID Tunggal, Adaptif PID, non-linieritas, linier, gain scheduling

Subjek

CONTROL ENGINEERING
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI KENDALI PID ADAPTIF PADA KECEPATAN MOTOR DC
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HARDY PURNAMA NURBA
Perorangan
Erwin Susanto, Agung Surya Wibowo
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini