PERANCANGAN NARASI VISUAL INTERAKTIF ADAPTASI “HAKIM YANG CERDIK” UNTUK ANAK USIA 3-5 TAHUN

ALVIN LUTFIANDA

Informasi Dasar

107 kali
15.04.1514
006.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini dongeng kancil mendapatkan tantangan untuk tumbuh di masyarakat, tantangan dari ketatnya persaingan cerita dari luar negeri, kemudian pandangan buruk terhadap cerita kancil, tanpa disadari telah membuat cerita kancil ini mulai dilupakan. Maka dari itu sangat perlu dilakukannya modifikasi agar sesuai dengan konteks saat ini, yang dikemas dalam bentuk yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan teknologi saat ini dan tanpa mengubah makna dasar atau nilai-nilai positif dari cerita kancil. Penelitian pada perancangan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan objektif untuk membahas masalah dan menganalisis cerita yang diangkat. Hasil analilis akan diolah dalam proses adaptasi untuk membuat sebuah cerita yang baru. Kemudian melalui aspek tertentu dari visual storytelling dan teori interaktivitas, cerita yang baru diolah untuk menghasilkan formulasi yang tepat untuk diterima oleh target audien. Sebagai hasil, cerita kancil yang diadaptasi dapat disampaikan melalui formulasi yang berupa narasi visual interaktif yang merupakan gabungan dari visual storytelling dan interaktivitas yang terwujud dalam bentuk aplikasi dongeng interaktif untuk smartphone. Dengan formulasi ini, penyampaian nilai-nilai positif kepada anak akan menjadi lebih efektif, sehingga dalam menikmati cerita, secara tidak langsung anak mengalami perkembangan yang lebih baik.

Subjek

MULTIMEDIA-DESIGN
 

Katalog

PERANCANGAN NARASI VISUAL INTERAKTIF ADAPTASI “HAKIM YANG CERDIK” UNTUK ANAK USIA 3-5 TAHUN
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALVIN LUTFIANDA
Perorangan
Teddy Hendiawan, Jerry Dounald Rahajaan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini