ABSTRAK
Indonesia merupakan Negara yang menyimpan sejuta pesona dan keindahan.
Keindahan alam yang dimiliki Indonesia mendukung perkembangan sektor pariwisata. Pariwisata yang semakin berkembang di Indonesia selain karena keindahan alam, juga karena keanekaragaman budayanya. Pariwisata dinilai sebagai sektor yang paling siap untuk bangkit ketika Negara sedang mengalami krisis. Sektor pariwisata diharapkan mampu menjadi pemasok devisa utama. Dalam perkembangannya, berbagai objek wisata yang ada di Indonesia bermunculan dan menawarkan beragam jenis wisata dan salah satu contohnya wisata desa. Salah satu kota Indonesia yang mengandalkan sektor pariwisata adalah Yogyakarta, desa wisata muncul karena sebuah desa memiliki potensi atau kekayaan yang dapat atau layak untuk di jual oleh masyarakat itu sendiri. Desa wisata “kelor” diwilayah kabupaten Sleman ini adalah salah satu Desa Wisata yang cukup berkembang, tetapi pemasarannya masih minim dan hanya di daerah tersebut saja mereka mempromosikannya, serta kurangnya pengelolaan dan fasilitas pendukungnya. Oleh karena itu rencananya peneliti akan membuat Tugas Akhir DKV ini dengan mengambil tema promosi Desa Wisata “Kelor” melalui sarana perancangan media.
Kata Kunci: Pariwisata, Desa Wisata, Desa Wisata Kelor, Promosi, Yogyakarta