ABSTRAK
Trisna Maulanny. 2015. Perancangan Identitas Visual Pulau Kemaro Sebagai Objek Wisata Budaya di Kota Palembang. Bandung: Universitas Telkom
Pulau Kemaro, merupakan sebuah Delta kecil diSungai Musi, Pulau Kemaro adalah tempat rekreasi yg terkenal di Sungai Musi. Pulau Kemaro tidak pernah banjir sehingga peduduk memanggil Pulau Kemaro. Pulau Kemaro terkenal akan pagoda serta budaya masyarakat Tionghoa namun sebenarnya terdapat akulturasi budaya Palembang dan masyarakat Tionghoa terlihat dari festival perahu bidar yang diadakan setiap tahun dikota palembang tepatnya di sungai musi yang melewati Pulau Kemaro. Akulturasi yang menonjol adalah ornamen, budaya, serta warna-warna yang terlihat dari percampuran budaya palembang dan masyarakat Tionghoa.
Hal ini yang mendasari penulis untuk membuat Identitas Visual dalam upaya meningkatkan citra wisata budaya di Pulau Kemaro. Dari masalah tersebut didapat rumusan untuk merancang Identitas Visual potensi visual Pulau Kemaro dengan cara mengkomunikasikan akulturasi budaya yang di miliki Pulau Kemaro. Perancangan ini menggunakan teori yang berkaitan dengan media dan visual. Untuk mendukung proses perancangan digunakan metode pengumpulan data, observasi, wawancara, dan studi pustaka dengan menggunakan metode kualitatif. Selanjutnya dilakukan analisis masalah dengan menggunakan data yang valid yang didapat dari teori revelan hingga digunakan pada perancangan media dan visualisasi identitas visual tersebut.
Selanjutnya setelah beberapa proses tersebut dapat diambil penyelesaian untuk membuat identitas visual Pulau Kemaro dalam upaya meningkatkan citra wisata budaya. Diharapkan dengan adanya identitas visual tersebut dapat memberikan informasi pada wisatawan dan meningkatkan citra wisata budaya di Pulau Kemaro.
Kata Kunci: Identitas Visual, Wisata Budaya, Pulau Kemaro
ABSTRACT
Trisna Maulanny. 2015. Design of Visual Identity As Kemaro Island
Cultural attractions in the city of Palembang. Bandung: Telkom University.
Kemaro Island, a small Delta Musi River, the island is a place of recreation Kemaro headliner on the Musi River. Kemaro island never flooded so people call Kemaro Island. Kemaro island famous for its pagodas as well as the culture of the Chinese community but actually there is acculturation Palembang and Chinese communities bidar visible from the boat festival held every year in the city of Palembang precisely in Musi river which passes through Kemaro Island. Acculturation is a prominent ornaments, culture, and the colors are visible from the mixing of cultures Palembang and Chinese communities.
This is the underlying writer to create a Visual Identity in an effort to improve the image of cultural tourism on the island Kemaro. Formulation of the problem is obtained for designing Visual Identity visual potential Kemaro Island by way of communicating acculturation owned Kemaro Island. This design uses the theory relating to the media and the visual. To support the design process used method of data collection, observation, interview, and literature study using qualitative methods. Furthermore, the analysis of the problem by using valid data obtained from theory revelan to be used in the design of media and visualization of the visual identity.
Furthermore, after the completion of the process can be taken to create a visual identity Kemaro Island in an effort to improve the image of cultural tourism. Hopefully with the visual identity can provide information on tourists and improve the image of cultural tourism on the island Kemaro.
Keywords: Visual Identity, Cultural Tourism, Kemaro Island