Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Pelanggan Speedy/Indihome serta Strategi Implementasinya di Telkom e-service

TAUFAN UMBARA

Informasi Dasar

203 kali
15.05.024
003
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) diperkirakan pelanggan internet di Indonesia pada Tahun 2014 mengalami pertumbuhan sebesar 30,49%. Kalau dibandingkan antara pertumbuhan pelanggan Speedy/Indihome Telkom dengan pertumbuhan pengguna internet di Indonesia terjadi paradoks. Seharusnya Telkom dapat memanfaatkan secara maksimal pertumbuhan pengguna internet ini dengan meningkatkan jumlah pelanggan Speedy Telkom. Kenyataannya, angka pertumbuhan pelanggan Speedy yang hanya 0,4% dan ini sangat jauh dibandingkan angka pertumbuhan pengguna internet secara umum di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui besar pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap loyalitas pelanggan Speedy/Indihome. Sesuai dengan tujuan penelitian, maka jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasualitas, adapun sifat dari penelitian ini adalah verifikatif. Dari kuesioner yang disebar, diperoleh 182 kuesioner valid. Metode pengolahan data dilakukan dengan bantuan path analysis. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa variabel-variabel independen Competence, Relationship, Caring, Trust berpengaruh signifikan positif terhadap Loyalitas, sedangkan Sharing Information tidak berpengaruh signifikan. Adapun besaran pengaruh variabel-variabel tersebut terhadap Loyalitas adalah sebesar 81,2% dan yang terbesar adalah Competence sebesar 38,2%. Variabel terbesar yang berpengaruh pada loyalitas pelanggan adalah Competence. Telkom harus lebih fokus dalam usaha meningkatkan kompentensi pegawainya, terutama yang berhubungan dengan pelanggan Speedy/Indihome dalam rangka menjaga loyalitas pelanggan. Dengan tingkat loyalitas pelanggan yang tinggi, perusahaan lebih mudah untuk meningkatkan value masing-masing pelanggan dalam rangka meningkatkan pendapatan perusahaan. Keyword: loyalitas pelanggan, competence, CRM, Speedy/Indihome, path analysis.

Subjek

System - analis
Thesis & disertation, Skripsi, KARYA ILMIAH,

Katalog

Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Pelanggan Speedy/Indihome serta Strategi Implementasinya di Telkom e-service
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TAUFAN UMBARA
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini