Banyak tempat yang ditawarkan oleh Bandung salah satunya adalah supermarket. Keadaan supermarket yang lebih bersih dan nyaman membuat pasar tradisional berkurang jumlah pengunjungnya. Seperti yang kita tahu, pasar tradisional di Bandung memiiki potensi yang luar biasa. Pemerintah Bandung akan merevitalisasi pasar tradisional Bandung menjadi pasar tematik, salah satunya adalah pasar Sarijadi dengan tema sayuran organik. Dalam pembangunan revitalisasi pasar Sarijadi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan salah satunya adalah perancangan sign system. Sign System ini berguna untuk pengunjung yang akan mencari lokasi didalam pasar tersebut. Oleh karena hal tersebut penulis merancang identitas visual dan sign system untuk pasar sarijadi. Karena lokasi pasar yang luas, sign system menjadi sangat penting dan karena akan dijadikan beberapa pasar tematik di Bandung, dibutuhkan identitas visual yang membedakan tiap pasar tersebut.
Pada perancangan identitas visual dan sign system ini, penulis menggunakan metode penelitian studi pustaka, observasi, wawancara dan analisis matriks. Teori-teori yang penulis gunakan adalah teori komunikasi dan teori perancangan visual. Perancangan tugas akhir ini juga penulis bekerja sama dengan lembaga PD. Pasar Bermartabat untuk mengumpulkan data-data pendukung perancangan identtitas visual dan sign system ini. Penulis juga memperhatikan sejarah pasar Sarijadi sebagai acuan penulis untuk membuat perancangan tersebut.
Hasil dari pengumpulan data yang sudah penulis buat adalah menghasilkan identitas visual dan sign system untuk pasar Sarijadi. Identitas visual dengan tujuan sebagai pembeda dari pasar-pasar yang lain, dan sign system untuk mempermudah konsumen dalam menuju lokasi yang mereka inginkan.
Kata Kunci: Pasar Sarijadi, Identitas Visual, Sign System.