Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perceptual map minimarket di kecamatan Buah Batu kota Bandung. Objek studi penelitian ini adalah beberapa minimarket yang ada di di kecamatan Buah Batu kota Bandung, yaitu Alfamart, Indomaret, Yomart, Circle K, SB Mart dan Griya Mart. Atribut yang digunakan dalam penelitian ini adalah merchandise assortment, location, price, promotional mix, customer service, dan store design and display yang diberikan oleh minimarket tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner, yang dibagikan kepada 100 sampel responden di wilayah objek penelitian. Teknik penetapan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling dengan tipe incidental sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis multidimensional scaling, analisis ini memberikan gambaran peta persepsi, tampak posisi masing-masing minimarket yang saling berdekatan atau berjauhan. Minimarket yang ditampilkan dalam sebuah perceptual map akan menampilkan rangking posisi ideal minimarket dibandiingkan minimarket-minimarket lainnya.
Indomaret dipersepsikan menempati posisi ideal diantara minimarket-minimarket lainnya. Hal tersebut dibuktikan dengan posisi rangking dari preferensi konsumen berdasarkan atribut minimarket. Sedangkan berdasarkan preferensi minimarket terhadap atribut, konsumen telah mempersepsikan minimarket Indomaret adalah yang terbaik berdasarkan atribut Indomaret unggul dalam atribut merchandise assortment, price, dan promotional mix dibandingkan minimarket lainnya. Sedangkan untuk atribut promotional mix dan customer service, SB Mart adalah minimarket dengan promosi dan pelayanan yang paling baik.
Kata Kunci: Perceptual Map, Multidimensional Scaling(MDS)