Kemajuan teknologi pada pelayanan kesehatan membuat Klinik Bhakti Sehat harus mengubah proses pelayanan berobat menjadi terkomputerisasi. Selama ini proses pelayanan berobat seperti pengelolaan rekam medis, stok obat dan transaksi penjualan obat masih dilakukan secara manual sehingga rawan terjadi kesalahan. Pada pengelolaan rekam medis sering kali ditemukan penggandaan kartu rekam medis atas nama pasien yang sama dikarenakan kartu berobat pasien hilang sehingga pegawai administrasi membuat kartu rekam medis yang baru. Pencatatan transaksi penjualan sering terjadi kekeliruan atau salah mencatat harga bahkan tidak tercatat di buku transaksi penjualan obat sehingga ketika saat pembuatan laporan transaksi penjualan obat tidak sesuai antara pendapatan uang yang diperoleh dengan laporannya. Pencatatan stok obat tidak sesuai antara kartu stok obat dengan persediaan obat digudang. Solusi dari permasalah tersebut adalah dengan merancang sistem penunjang pelayanan berobat yang sudah terkomputerisasi. Sistem yang dirancang dengan model waterfall adalah dengan menganalisis kebutuhan yang diperlukan pada pelayanan berobat seperti pengelolaan rekam medis, stok obat dan transaksi penjualan di klinik. Sistem berbasis ini dibangun dengan menggunakan Bahasa pemrograman Java Server Pages dengan Framework Spring hibernate dan basis data MySQL. Setelah melakukan pengujian terhadap aplikasi, maka dapat disimpulkan bahwa sistem yang dibangun dapat mengelola data rekam medis, mengelola stok obat dan transaksi penjualan yang dijalankan oleh masing-masing user yang berperan di Klinik Bhakti Sehat.
Kata Kunci: Klinik Bhakti Sehat, Rekam medis, Stok obat, Framework spring hibernate.