Seiring dengan pertumbuhan industri bisnis makanan di Indonesia, banyak jenis restoran mulai dari kafe tenda, restoran tradisional, fast food sampai restoran dengan makanan-makanan asing (western). Aset yang paling penting bagi kebanyakan bisnis restoran adalah nama merek dan apa yang mempresentasikan merek tersebut. Untuk mengalahkan pesaing di bidang fast food dan selalu menjadi market leader, harus mempertahankan merek dan memiliki ekuitas merek (brand equity) yang kuat.
Penelitian ini dilakukan pada restoran cepat saji Kentucky Fried Chicken di Indonesia. Penelitian ini menganalisis ekuitas merek berbasis pelanggan pada perusahaan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada followers dari akun official Twitter dan Facebook yang berisi komunitas konsumen KFC di Indonesia dengan sampel sebanyak 400 orang dengan metode nonprobability sampling dan tingkat signifikansi 5%.
Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa loyalitas terhadap merek restoran cepat saji KFC baik dan responden cukup loyal terhadap merek KFC, persepsi kualitas layanan dari merek restoran cepat saji KFC baik, citra dari merek restoran cepat saji KFC baik, kesadaran merek dari responden restoran cepat saji KFC sangat baik dan responden sadar akan adanya keberadaan dari merek restoran cepat saji KFC.
Kentucky Fried Chicken perlu memperhatikan kesetiaan merek (brand loyalty) para konsumennya dengan menyusun program customer loyalty salah satunya dengan membuat membership card, dan memberikan diskon khusus bagi pemegang kartu member tersebut.