Penelitian ini berjudul Representasi Humanisme Dalam Iklan The Guardian
Versi “Three Little Pigs” (Analisis Semiotika pada Iklan The Guardian versi
“Three Little Pigs”). Iklan televisi sebagai salah satu perwujudan kebudayaan
massa tidak hanya bertujuan menawarkan dan mempengaruhi calon konsumen
untuk membeli barang atau jasa, iklan juga mewakili nilai dan ideologi tertentu
yang secara terpendam terdapat didalamnya. Pada tahun 2012 The Guardian
mengeluarkan iklan TVC 120 detik untuk mengkampanyekan sistem redaksi open
journalism. Dengan mengusung cerita modern Tiga Babi Kecil iklan tersebut
mendapatkan banyak penghargaan internasional. Dalam iklan Three Little Pigs,
melalui elemen audio-visual, The Guardian menggambarkan praktik pelaksanaan
open journalism yang merepresentasikan pandangannya terkait humanisme.
Istilah humanisme menampilkan suatu dunia yang penuh dengan konsep dan nilai
yang menjunjung tinggi martabat manusia, nilai-nilai kemanusiaan, dan hak asasi
manusia. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan analisis semiotika Roland
Barthes untuk membedah objek iklan dengan pemaknaan denotasi, konotasi,
mitos, hingga ideologi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan
simbol dan tanda-tanda dalam iklan Three Little Pigs merepresentasikan tiga nilai
dari ideologi humanisme, yaitu kebebasan, persamaan dan persaudaraan yang
digunakan untuk menggugah kesadaran masyarakat akan ketertindasan oleh
kapitalisme dan menuntun pada tahap sosialisme.