ABSTRAK Kondisi persaingan industri khususnya dalam persemenan di Indonesia semakin tinggi. PT Semen Tonasa salah satu perusahaan persemenan yang ada di Indonesia, banyaknya perusahaan-perusahaan baru yang mulai meniti karir dalam dunia persemenan membuat PT Semen Tonasa berusaha mempertahankan dan menjaga hubungan baik dengan masyarakat sekitar perusahaan dengan melakukan kegiatan CSR (Corporate Soicial Responsibility). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumntasi. Kemudian dianalisa dengan menggunakan analisis Interaktif Miles dan Huberman dalam mengetahui peran PR dalam implementasi CSR PT Semen Tonasa. Hasil penilitian ini menujukkan bahwa PR berperan penting dalam pelaksanaan CSR PT Semen Tonasa, tidak hanya pada implementasi CSR bahkan dengan komunikasi CSR sangat penting untuk mewujudkan visi dan misi PT Semen Tonasa. Serta kegiatan CSR PT Semen Tonasa dilaksanakan berulang-ulang atau dari tahun ketahun tetap dilaksanakan demi kesejahteraan masyarakat sekitar perusahaan Kata Kunci: peran public relations, corporate social responsibility (CSR)