Penelitian ini membahas tentang interaksi sosial pada kaum gay dalam sosial media. Sebagai bentuk media baru, kehadiran sosial media Jack’D bagi kaum gay pada dasarnya memuat unsur interaksi sosial yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah bagaimana pola interaksi para kaum gay dengan sesamanya melalui media baru internet khususnya sosial media dengan memfokuskan tujuan pada proses komunikasi serta dampak yang dirasakan oleh para kaum gay pengguna aplikasi sosial media Jack’D. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi virtual etnografi, dan dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara secara online dan offline dengan tiga orang gay pengguna aplikasi Jack’D sebagai informan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa Jack’D menjadi tempat komunikasi awal untuk interaksi yang nantinya akan berujung pada kontak sosial secara face-to-face merealisasikan tujuan yang dimiliki oleh para kaum gay menggunakan aplikasi tersebut. Tujuan yang dimiliki oleh para kaum gay yang menggunakan aplikasi tersebut pun beragam mulai dari mencari teman, pasangan hingga partner seksual. Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa kehadiran sosial media Jack’D ini ternyata tidak selalu menghasilkan interaksi positif ( asosiatif ) melainkan juga dapat bersifat negatif ( disosiatif ) serta adanya faktor-faktor personal yang mempengaruhi proses komunikasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pola interaksi yang terjalin antara kaum gay terkait komunikasi tidak berbeda jauh dengan komunikasi dan interaksi sosial pada umumnya namun yang membedakan adalah tujuan pengguna, adanya istilah-istilah khusus, faktor-faktor, serta dampak bentuk sosial yang dirasakan.
Kata Kunci: Interaksi Sosial, Sosial Media, Gay, New Media, Internet, CMC