ABSTRAK
Paradigma baru dalam penyelenggaraan pemerintahan, yaitu sistem pemerintahan yang mengarah pada good governance. Prinsip good governance mendasari pula pelaksanaan strategi media relations. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana strategi media relations untuk membangun good governance di Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden.
Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif ini menggunakan metode studi kasus dan berdasarkan paradigma konstruktivisme sosial. Narasumber sebanyak 6 (enam) orang yang merupakan perwakilan dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden dan Wartawan Kepresidenan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden turut mendukung good governance dengan melaksanakan 3 (tiga) prinsip good governance yaitu keterbukaan, akuntabilitas dan supermasi hukum.
Disarankan agar Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden membuat SOP (Standar Operasi Prosedur) tertulis mengenai strategi media relations dan membuat situs resmi untuk mempermudah masyarakat mengakses informasi.
Kata kunci: Strategi Media Relations, Good Governance, Pemerintah