Dengan meningkatnya kapasitas pengguna jasa telekomunikasi, sebuah operator tidak hanya menerima dana hasil penjualan jasa telekomunikasi, namun peningkatan kapasitas pengguna tersebut juga berakibat pada tingginya pangilan yang gagal, panggilan yang gagal tersebut masih dapat diatasi dengan cara pengoptimasian sebuah jaringan. banyak faktor yang dapat menyebebkan gagalnya suatu panggilan, diantaranya tidak mendapatkanya kanal komunikasi, tidak tercakup oleh BTS lain, serta kepadatan jaringan pada operator, sehingga akan berakibat pada tidak tercapainya kualitas layanan komunikasi yang baik.
untuk pengoptimasian kualitas jaringan terdapat beberapa parameter yang digunakan diantaranya parameter indikator Call Setup Success Rate (CSSR), Call Setup Time (CST), CCSR, dan lain sebagainya, pada proyek akhir kali ini akan memfokuskan parameter CSSR yang terbagi lagi dalam CSSR CS Voice, CSSR CS Video, CSSR PS, serta HSPDA Accessibility Success Rate. CSSR adalah standar presentase tingkat keberhasilan untuk mengukur tingkat availability jaringan dalam memberikan pelayanan baik berupa panggilan voice, data maupun video.
pada pengerjaan proyek akhir ini, langkah yang akan dilakukan untuk mengetahui kualitas layanan pelanggan operator adalah menggunakan metode Drive Test
kata kunci : CSSR, Drive Test, 3G