ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGGUNAAN INTERNET BANKING DI INDONESIA

ESI OKTAFIAN FATIMAH

Informasi Dasar

132 kali
15.04.1994
658.834 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan sistem berbasis teknologi khususnya yang berkaitan dengan internet berpengaruh terhadap perusahaan termasuk perbankan untuk berinteraksi dengan nasabah. Elektronik perbankan berubah dari hari ke hari sesuai dengan kebutuhan baik bagi pihak bank maupun dari konsumen. Internet banking telah menjadi salah satu self-service yang memungkinkan bank untuk memberikan layanan informasi dan menawarkan kepada nasabah dengan kenyamanan lebih melalui kecanggihan teknologi. Keberhasilan internet banking tergantung dari bagaimana nasabah menerima sistem tersebut. Oleh karena itu, penting bagi pihak bank untuk mengetahui bagaimana cara konsumennya mengapresiasi jasa internet banking agar dapat membantu menemukan rencana strategis dan meningkatkan pangsa pasar. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan para nasabah menggunakan jasa internet banking. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada pengguna internet banking Indonesia dengan sampel sebanyak 385 orang dengan metode nonprobability sampling purposive. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Faktor Eksploratori. Hasil penelitian dan analisa yang dilakukan menunjukan bahwa terdapat tiga faktor yang mempengaruhi keputusan penggunaan internet banking yaitu Performance Expectancy, Trust dan Social Influence. Faktor-faktor yang baru terbentuk tersebut mengalami perubahan variabel dengan adanya penambahan atau pengurangan jumlah variabel yang berasal dari faktor yang berbeda. Penyedia layanan internet banking perlu meningkatkan kualitas pelayanan kepada para nasabahnya. Peningkatan pelayanan ini dapat dilakukan dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah dalam menggunakan internet banking diantaranya Performance Expectancy, Trust dan Social Influence agar nasabah menjadi lebih percaya dan merasa nyaman dengan layanan internet banking di Indonesia.

Kata kunci: Internet Banking, Performance Expectancy, Facilitating Conditions, Trust

Subjek

CONSUMER BEHAVIOR
MARKETING STRATEGY

Katalog

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGGUNAAN INTERNET BANKING DI INDONESIA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ESI OKTAFIAN FATIMAH
Perorangan
Achmad Manshur Ali Suyanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini