Istilah manajemen laba dapat dihubungkan dengan perilaku manajemen dalam menyusun laporan keuangan. Manajemen dapat menggunakan kebijakan dalam pelaporan keuangan untuk menurunkan atau menaikkan laba sesuai kepentingannya dengan tidak menyalahi prinsip-prinsip akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan kompensasi bonus terhadap praktik manajemen laba pada perusahaan perdagangan retail yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014.
Penelitian ini meneggunakan metode penelitian kuantitatif yang tergolong ke dalam jenis penelitan deskriptif verifikatif bersifat kausalitas. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 19 perusahaan retail dengan metode purposive sampling.Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel.
Hasil penelitian ini menunjukkan variabel dependen yang dapat dijelaskan oleh variabel independennya sebesar sebesar 61,838%. Secara simultan ukuran perusahaan, profitabilitas, dan kompensasi bonus berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.Secara parsial ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif signifikanterhadap manajemen laba, sedangkan profitabilitas memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap manajemen laba, dan kompensasi bonus tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap manajemen laba.
Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kompensasi Bonus, Manajemen Laba