Adanya fenomena FJB Kaskus yang menempati urutan pertama dalam 18 Popular Online Shopping di Indonesia kategori Online Forum & Classified dan prokontra perubahan tampilan website FJB Kaskus yang mempengaruhi emosi dan persepsi risiko konsumen dalam proses pembelian online, serta jumlah transaksi FJB yang lebih rendah dibandingkan Tokobagus (sekarang OLX), maka penting adanya untuk mengetahui bagaimana pengaruh reputasi dan kualitas website terhadap minat beli melalui emosi dan persepsi risiko.
Penelitian ini mengadopsi model Stimuli-Organism-Response (S-O-R) yang dicetuskan oleh Mehrabian dan Russell (1974). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh reputasi dan kualitas website (stimuli) FJB terhadap minat beli (response) melalui emosi dan persepsi risiko (organism). Penelitian ini melakukan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebar secara online di beberapa daerah di Indonesia. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kausal untuk mengetahui pengaruh antar variabel dan menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan software SmartPLS2. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience dan jumlah sampel yang digunakan adalah 10 kali parameter yang berarti 10x35= 350 sampel.
Hasil yang diperoleh adalah reputasi tidak berpengaruh signifikan terhadap emosi dan berpengaruh signifikan terhadap persepsi risiko, kualitas website berpengaruh signifikan terhadap emosi, kecuali security/privacy, serta berpengaruh signifikan terhadap persepsi risiko kecuali fulfillment/reliability. Persepsi risiko berpengaruh signifikan terhadap emosi, emosi dan persepsi risiko masing-masing berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Adapun saran bagi perusahaan adalah membuat track record penjual, mengatur space iklan, dan meninjau kesesuaian informasi produk berdasarkan lokasi. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah menggunakan teknik analisis CB-SEM dan melakukan uji indirect effect.
Kata kunci: S-O-R, reputasi, kualitas website, minat beli