Interaksi antar pengguna dalam komunitas online dapat dipelajari dengan Social Network Analysis untuk mengetahui influencer serta topik interaksi yang terjadi antar anggota. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pola interaksi dan menemukan influencer yang berperan dalam diseminasi informasi komunitas @iphonemalang.
Penelitian menggunakan pengukuran centrality untuk melihat aktor yang berperan dalam komunitas dengan melakukan perhitungan value dan rank melalui degree centrality, betweeness centrality dan closeness centrality serta pemetaan topik percakapan dalam jaringan komunitas @iphonemalang menggunakan software NodeXL 1.0.1.341.
Pengumpulan data menggunakan data online, di dapatkan dari interaksi anggota dalam twitter komunitas pada bulan Agustus 2015 dengan membatasi pengambilan data jaringan menggunakan keyword @iphonemalang.
Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui pola interaksi pada jaringan komunitas @iphonemalang terjadi dengan tipe directed network dan penentuan rank pada nilai degree centrality, betweeness centrality serta closeness centrality. Selain pengolahan nilai centrality dilakukan juga pemetaan terhadap topik percakapan.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pola interaksi antara 43 akun didominasi oleh hazenstore, jubelmalang, imalang, albertazumbi, jubeljatim, dan jubelnesia yang berperan sebagai influencer. Diseminasi informasi yang terjadi melalui mention dan replies terhadap tweet jual & beli produk idevice dalam pola interaksi.
Kata Kunci: Komunitas Online; Social Network Analysis; centrality; influencer; iphonemalang