Pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi dapat membawa hasil yang baik bagi pelaku industri, khususnya penyedia situs jasa reservasi hotel online di Indonesia. Penggunaan situs online ini dimaksudkan untuk menonjolkan sebuah brand dari perusahaan, seperti yang dilakukan oleh GoIndonesia untuk dapat menciptakan brand awareness di benak konsumen. Meningkatkan kesadaran kosumen akan suatu brand agar dapat mempengaruhi minat beli konsumen.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui brand awareness www.goindonesia.com, mengetahui minat beli konsumen jasa reservasi hotel secara online di Indonesia, mengetahui pengaruh brand awareness terhadap minat beli serta untuk mengetahui pengelolaan brand yang dilakukan oleh www.goindonesia.com.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan kausal dengan sampel sebanyak 385 responden. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan instrumen kuesioner sebanyak 17 item pernyataan, menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu nonprobability sampling dan diolah dengan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan uji parsial, top of mind, brand recall dan brand recognition menunjukkan pengaruh secara signifikan. Berdasarkan uji simultan menunjukkan bahwa sub variabel independen berpengaruh secara signifikan. Untuk regresi linear berganda menunjukkan sub variabel independen mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli. Sedangkan, berdasarkan koefisien determinasi menunjukkan bahwa brand awareness mampu mempengaruhi minat beli.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa GoIndonesia merupakan merek yang tidak disadari keberadaannya oleh konsumen, ditunjukkan oleh rata-rata persentase total unaware of brand yaitu sebesar 58%. Diperlukan upaya strategik yang harus dilakukan oleh GoIndonesia untuk dapat meningkatkan minat beli konsumen. Sehingga diharapkan dengan adanya perbaikan ini dapat membuat konsumen cenderung melakukan reservasi melalui GoIndonesia.