Lampung adalah sebuah Provinsi yang terdapat beragam kebudayaan di dalamnya, baik kebudayaan lokal maupun pendatang. Oleh karna itu Provinsi Lampung melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi mengadakan sebuah acara kebudayaan tahunan yang bernama Festival Krakatau. Acara ini merupakan sebuah acara kebudayaan daerah yang di selenggarakan pada akhir bulan Agustus setiap tahunnya, Festival Krakatau dilaksanakan di beberapa tempat yang tersebar di Provinsi Lampung selama seminggu penuh. Oleh karena itu Perancangan brand identity sangat diperlukan untuk menciptakan sebuah image yang mudah dikenal oleh wisatawan, selain itu perancangan media promosi yang sesuai dan tepat sasaran juga sangat dibutuhkan untuk memudahkan wisatawan dalam mengetahui acara tersebut.
Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah survey, observasi, wawancara dan study pustaka, didapatkan data bahwa dibutuhkan perancangan identitas dan media promosi Festival Krakatau hal ini ditujukan untuk mendukung dan mengingkatkan kunjungan wisatawan ke Festival Krakatau.
Pesan yang ingin dikomunikasikan kali ini adalah “mengenalkan pariwisata budaya di Provinsi lampung melalui event Festival Krakatau”. Perancangan Brand identity dan media promosi lebih difokuskan kepada unsur kebudayaan dan pariwisata sebagai acuan dalam visualisasi media-media yang meliputi logo, poster, banner, iklan majalah, iklan surat kabar, website, x-banner, flag banner, dan media pendukung lainnya. Diharapkan perancangan ini dapat membantu Festival Krakatau untuk lebih dikenal dengan merancang identitas yang lebih baik dan dapat di kenal serta menarik minat wisatawan.
Kata Kunci : Festival Krakatau, Kebudayaan Lampung, Event Budaya