Low Cost Carrier (LCC) merupakan model penerbangan yang unik dengan strategi penurunan operating cost. Melakukan efisiensi cost di semua lini sehingga maskapai dapat menawarkan jasa penerbangan dengan biaya rendah
Melalui penelitian ini akan dilakukan pengukuran penilaian pelanggan terhadap variabel kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pengguna layanan low cost carrier di Indonesia
. Responden dari penelitian ini adalah 385 orang yang pernah menggunakan 3 maskapai low cost carrier yaitu Lion Air, AirAsia, dan Sriwijaya Air, dimana ketiga maskapai tersebut memiliki sekitar 72% market share. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling dengan penyebaran kuisioner kepada responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan structural equation modeling (SEM)
Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa kualitas layanan lebih berpengaruh daripada harga terhadap kepuasan. Baik kualitas layanan maupun harga sama sama berpengaruh secara positif dan signifikan
Berdasarkan hasil penelitian, maka untuk meningkatkan kepuasan, pihak maskapai seharusnya memperhatikan juga kualitas layanan yang diberikan tidak hanya menawarkan harga yang murah