ABSTRAK
Saat ini, tanggungjawab sosial perusahaan terhadap stakeholders menjadi topik yang sangat menarik dan semakin banyak dibahas di Dunia maupun Indonesia, baik di media massa, seminar ataupun konferensi. Fenomena perubahan pada tingkat kesadaran masyarakat inilah yang memunculkan kesadararan baru tentang pentingnya melaksanakan apa yang dikenal sebagai Corporate Social Responsibility (CSR). Program CSR ideal terdiri dari Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan, Modal Sosial dan Ekonomi Kewirausahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan program CSR PT. PJB atas persepsi dan kepentingan masyarakat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode nonprobability sampling jenis purposive sampling. Jumlah populasi 1228 orang dan jumlah sampel sebanyak 135 orang. Dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif dan Importance Performance Analysis(IPA).
Berdasarkan informasi yang diperoleh dari 135 orang dan pengolahan data menggunakan IPA, maka dapat disimpulkan bahwa program CSR PT PJB UBJOM PLTU Rembang berdasarkan persepsi masyarakat sudah berada dalam kategori cukup baik dan masyarakat mempunyai harapan yang tinggi atas program CSR PJB. Namun ada beberapa aspek yang harus diperbaiki yaitu memberikan bantuan mobil ambulance, melakukan pengendalian polusi, melakukan pengolahan limbah 3R (reduce, reuse, recycle), mengadakan program pemberdayaan dan pelatihan masyarakat, bersedia menyerap tenaga kerja lokal yang memenuhi syarat, mengadakan program pemberdayaan UKM.
Kata Kunci: Tanggungjawab Sosial Perusahaan (CSR), Importance Performance Analysis (IPA)