Perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat memberi dampak yang besar di kehidupan sehari – hari, tidak terkecuali dengan mulai bergesernya budaya pembelian dari cara konvensional menjadi lebih modern dengan melalui media internet.Adapun masalah penelitian ini adalah “faktor – faktor apa sajakah yang dapat mempengaruhi pembelian secara online khususnya melalui situs kaskus.co.id dan faktor apakah yang paling dominan ?”. penelitian ini secara khusus menguji 11 variabel yaitu service quality, merchandise quality, monetary rice, perceived risk, time and effort cost, enjoyment, purchase intention, reputation, perceived value, informativeness dan ease of use.
Setelah dilakukan tinjauan pustaka, data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 120 orang yang pernah melakukan pembelian produk melalui situs kaskus.co.id. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan non probablity sampling dengan metode sampling kuota. Sedangkan teknik analisis data digunakan principal component analysis.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian online melalui situs kaskus.co.id. keenam faktor tersebut ialah reputation and ease of use, shopping experience, service quality, monetary price, merchandise quality dan faktor perceived risk. Yang mana keenam faktor tersebut dapat menjawab 67,811% masalah penelitian dan sisanya sebesar 32,189% tidak dijelaskan dalam penelitian ini karena dianggap tidak berkontribusi secara signifikan. Selain enam faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian online melalui situs kaskus.co.id di atas, hasil penelitian ini juga mendapati faktor yang paling dominan dari keenam faktor. Faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian online melalui situs kaskus.co.id dalam penelitian ini adalah faktor reputation and ease of use dengan nilai eigenvalue sebesar 9,071.