Teknologi informasi saat ini sedang berkembang dengan cepat sehingga mengakibatkan perubahan dari banyak aspek, termasuk pendidikan. Dalam dunia pendidikan, teknologi informasi dimanfaatkan dengan pengembangan sistem pembelajaran online, karena dengan adanya sistem pembelajaran online dapat mempermudah proses pembelajaran.
Proses pembelajaran di Indonesia saat ini masih banyak menggunakan model klasikal, yaitu pertemuan dilakuakan di dalam kelas (face to face), sehingga proses pembelajaran sangat terbatas dengan waktu, dan kesempatan berdiskusi di dalam kelas juga terbatas. Selain itu, masih banyak dosen dalam menyampaikan materi pembelajaran dilakukan secara satu arah saja, sehingga akan menyebabkan mahasiswa semakin pasif dan cepat merasa bosan. Model collaborative learning (CL) dianggap mampu menyelesaikan masalah diatas, karena dalam model CL mahasiswa diajak untuk aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Namun, dalam pelaksanaan CL membutuhkan banyak waktu, sedangkan dengan hanya mengandalkan pertemuan di kelas tentu saja akan sangat membatasi berlangsungnya proses CL.
Dalam tugas akhir ini akan dikembangkan model CL secara online sehingga proses diskusi bisa berlangsung dimana saja dan kapan saja. Meskipun sudah terdapat beberapa Learning Management System (LMS) yang sudah menerapkan model CL, namun proses yang ada pada LMS tersebut dianggap sangat kompleks sehingga proses CL tidak menjadi fokus utama. Oleh karena itu, pada tugas akhir ini akan dikembangkan model CL pada sebuah sistem pembelajaran online dengan tujuan model CL menjadi fokus utama dalam kegiatan pembelajaran, sehingga diharapkan kemampuan belajar mahasiswa bisa semakin meningkat.