Pada metode pembelajaran saat ini guru hanya menjelaskan teorinya saja tanpa ada alat peraga, sehingga membuat siswa kurang memahami isi materi yang disampaikan. Khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam sekolah menengah atas kelas XI terutama materi Hidrokarbon. Dengan pemanfaatan multimedia dalam dunia pendidikan yang ditujukan untuk mempermudah siswa dalam memahami materi yang dijelaskan oleh guru di Sekolah. Untuk itu perlu dibuat sebuah aplikasi yang dapat menjelaskan materi kimia Hidrokarbon dengan simulasi, visualisasi, dan evaluasi yang dapat membantu kemampuan siswa dalam memahami materi. Aplikasi pembelajaran interaktif ini dibangun menggunakan metode pengerjaan ADDIE model dan menggunakan fitur yang terdapat pada adobe flash CS 6, Blender, Adobe Ilutrator, Adobe Audition dalam pengerjaannya. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI sebanyak 30 siswa. Dalam mengetahui efektifitas aplikasi dilakukan pengujian dengan cara memberikan kuisioner untuk guru dan siswa. Hasil kuisioner didapatkan kesimpulan bahwa sebagian besar responden menyatakan tampilan dari aplikasi sangat menarik mudah dijalankan mampu membantu proses kegiatan pembelajaran serta mampu memahami materi yang disampaikan.