PERANCANGAN MEDIA KAMPANYE PENGENALAN RAMBU LALU LINTAS
PADA ANAK USIA DINI DI KOTA BANDUNG
Oleh : Januar Paulus
NPM :1401110212
Faktor manusia merupakan faktor paling dominan yang mempengaruhi kecelakaan. Hampir semua kejadian kecelakaan didahului dengan pelanggaran rambu-rambu lalu lintas. Perlu adanya upaya dalam meminimalisir faktor manusia dalam pelanggaran lalu lintas. Salah satunya adalah tindakan pencegahan yang di mulai sejak awal yaitu memperkenalkan atau mensosialisaikan rambu-rambu dan aturan lalu lintas kepada anak-anak usia dini. Dengan mengajarkan dasar keselamatan lalu lintas, anak-anak dipersiapkan untuk membangun pengetahuan tentang lalu lintas, dan sikap positif yang akan mendatangkan manfaat saat anak-anak itu menjadi dewasa dimasa yang akan datang. Hal ini sesuai dengan usia emas (Golden Ages) yang dimiliki anak usia dini, yaitu usia yang berpengaruh sangat signifikan bagi anak pada jenjang berikutnya. Karena lebih mudah mengajarkan kebiasaan baik di usia dini dari pada menyingkirkan kebiasaan buruk nantinya.
Perancangan ini menggunakan media interaktif yaitu buku ¬pop-up mewarnai yang menggunakan gambar empat maskot untuk menambah daya tarik anak-anak. Buku pop-up ini berisi gambar beberapa rambu-rambu lalu lintas beserta arti dari rambu tersebut dan juga dapat diwarnai oleh pembaca buku. Dengan adanya buku pop-up ini, diharapkan mampu membantu pihak DIKYASA (Pendidikan dan rekayasa lalu lintas di jalan raya) dalam proses pengenalan rambu-rambu lalu lintas.