PROMOSI KAMPUNG 1000 RUMAH GADANG SUMATERA BARAT

ZULHIKMAT

Informasi Dasar

116 kali
15.04.2290
659.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Terdapat ribuan cerita mengenai tradisi masyarakat dan kearifan lokal yang masih hidup dan mengakar di Indonesia. Kekayaan kultural dan lingkungan hidup menjadi daya tarik luar biasa bagi para wisatawan. Sumatera barat merupakan salah satu dari beberepa daerah di Indonesia yang memiliki warisan sumber daya pariwisata budaya yang sangat kaya. Namun, modernisasi menjadi alasan utama bagi masyarakat Sumatera Barat mulai melupakan budaya induk mereka. Modernisasi menyebabkan Rumah Gadang sebagai rumah adat kebanggaan masyarakat Minagkabau mulai jarang terlihat di berbagai daerah Sumatera Barat karena masyarakat setempat lebih memilih membangun rumah dengan gaya arsitektural yang lebih modern. Kampung 1000 Rumah Gadang merupakan salah satu daerah yang masih menjaga kelestarian Rumah Gadang dan mewariskan secara turun temurun dari pemilik awal kemudian diwariskan hingga keturunannya saat ini. Namun, keberadaan kampung ini tidak banyak diketahui oleh masyarakat lokal maupun luar, padahal Kampung 1000 Rumah Gadang ini terdapat beragam bentuk Rumah Gadang dimulai dari keragaman model arsitektur, kepemilikan, ukiran, dan lain sebagainya. Salah satu cara untuk dapat diketahui oleh masyakat ialah memberikan informasi dan keberadaan Kampung 1000 Rumah Gadang kepada masyarakat sekitar maupun masyakat luar. Dalam penelitian ini dibutuhkan data-data yang valid untuk mendukung agar perancangan ini berjalan dengan baik dan dapat mengenai target sasaran yang tepat. Dalam pengumpulan data-data yang dibutuhkan penulis menggunakan metode deskriptif dan bersifat kualitatif, studi pustaka, observasi lapangan dan wawancara. Dengan dibuatnya perancangan sebuah promosi menggunakan media event diharapkan dapat meningkatkan keingintahuan masyarakat dan menambah informasi tentang keberadaan Kampung 1000 Rumah Gadang. Sehingga Kampung 1000 Rumah Gadang dapat menarik masyarakat agar ikut berpartisipasi menghadiri event grand launching Kampung 1000 Rumah Gadang. Oleh karena itu, diharapkan dalam jangka panjang kampung 1000 rumah gadang dapat menjadi objek wisata yang diminati oleh wisatawan. Melihat aktivitas target yang menyukai liburan dan jalan-jalan, strategi promosi yang digunakan pada promosi Kampung 1000 Rumah Gadang itu berupa Brand Activation (aktifasi brand) dengan media utama sebuah booth beserta pameran yang akan di tempatkan pada terminal kedatangan Bandara Internasional Minangkabau. Diharapkan dengan menggunakan strategi promosi seperti tersebut dapat langsung mengenai target konsumen. Kata kunci : Kampung 1000 Rumah Gadang, promosi, pariwisata, event

Subjek

ADVERTISING
 

Katalog

PROMOSI KAMPUNG 1000 RUMAH GADANG SUMATERA BARAT
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZULHIKMAT
Perorangan
Sonson Nurusholih, Gandara Permana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini