Kemajuan teknologi yang saat ini semakin pesat membuat banyak energi
alam maupun buatan terbuang semakin banyak. Permasalahan lingkungan saat ini
menjadi tantangan besar bagi para perusahaan. Perusahaan harus pintar dalam
membaca perilaku konsumen yang cenderung mengkonsumsi produk-produk
yang tidak ramah lingkungan. Perusahaan harus bisa membaca adanya perubahan
pola hidup masyarakat yang saat ini mulai kritis dalam memilih produk yang
ramah lingkungan. Produk tersebut tercipta karena adanya kesadaran akan
pentingnya melestarikan lingkungan. Salah satu perusahaan yang ada di Indonesia
yaitu PT.Philips Indonesia mengeluarkan produk lampu yang mengusung
keuntungan menggunakan lampu LED tersebut ramah lingkungan dan hemat
energy.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui implementasi green marketing
terhadap keputusan pembelian pelanggan lampu Philips LED di Universitas Telkom
menggunakan metode penelitian kuntitatif dengan menyebarkan data kuesioner dengan
unsur variabel indipenden (X) adalah green marketing dan variabel dependen (Y)
keputusan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan regresi
linier sederhana.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini (1) implementasi green marketing lampu
Philips LED sebesar 80,11%; (2) keputusan pembelian pelanggan lampu Philips LED
sebesar 78,7% dan ; (3) pengaruh green marketing lampu Philips LED terhadap
keputusan pembelian pelanggan sebesar 21,3%
Kata kunci: Green Marketing dan Keputusan Pembelian