UPAYA MENJAGA BIODIVERSITAS DENGAN KETERLIBATAN MASSA : MODEL BISNIS CROWDFUNDING SEBAGAI STRATEGI PENGGALANGAN DANA PUBLIK LSM LINGKUNGAN HIDUP STUDI KASUS CORAL TRIANGLE CENTER (CTC)

BAGUS ADIIB AL HAQ

Informasi Dasar

16.04.023
381.450 020.68
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

LSM lingkungan hidup merupakan organisasi nirlaba yang memiliki salah satu aktivitas utama berkaitan dengan penggalangan dana. Crowdfunding merupakan alternatif penggalangan dana publik yang belum banyak diterapkan di Indonesia tetapi memiliki potensi untuk dikembangkan. Proyek crowdfunding oleh LSM lingkungan hidup ada yang berhasil memperoleh dana yang dibutuhkan namun ada yang masih gagal. Salah satu LSM yang telah menerapkan crowdfunding adalah Coral Triangle Center (CTC) pada awal tahun 2015. Crowdfunding pada CTC baru mendapatkan sekitar 1% dari total jumlah dana yang diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang model bisnis yang lebih efektif dalam rangka implementasi crowdfunding pada Coral Triangle Center (CTC). Metode analisis model bisnis yang digunakan adalah Business Model Canvas (BMC). Identifikasi donatur pada bagian customer segments terdiri dari perspektif geografik, sosio-demografi, dan psikografik. Pemetaan value proposition menggunakan pendekatan sustainable business model dengan menjabarkan kontribusi value proyek crowdfunding pada empat sisi yaitu value bagi donatur, lingkungan, sosial, serta stakeholder terkait. Pada tahap pengolahan data yang berasal pada data primer dan sekunder didapatkan usulan berkaitan dengan perbaikan model bsinis bagi crowdfunding di Coral Triangle Center (CTC). Rekomendasi juga berpedoman pada langkah perbaikan pada model bisnis eksisting. Terdapat identifikasi yang khusus berkaitan dengan segmen donatur dan pemetaan value proposition. Selain itu aktivitas kampanye yang menunjang bagi proyek diantaranya berdampak pada masukan bagi key pertnership dan cost structure. Kata Kunci : Crowdfunding, Business Model Canvas, LSM lingkungan hidup, Penggalangan dana publik

Subjek

BUSINESS INDUSTRIAL MANAGEMENT
 

Katalog

UPAYA MENJAGA BIODIVERSITAS DENGAN KETERLIBATAN MASSA : MODEL BISNIS CROWDFUNDING SEBAGAI STRATEGI PENGGALANGAN DANA PUBLIK LSM LINGKUNGAN HIDUP STUDI KASUS CORAL TRIANGLE CENTER (CTC)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BAGUS ADIIB AL HAQ
Perorangan
Farda Hasun, Litasari Widyastuti Suwarsono
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini