Perbaikan Standar Operating Prosedure (SOP) Proses Produksi PT. Adetex Filament 1 (PT. AF I) Menggunakan Metode Bussiness Process Improvement (BPI)

NADYA RACMA ASALIA

Informasi Dasar

16.04.043
658.562
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Adetex Filament 1 merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi kain jadi dan garmen di Indonesia. Permasalahan yang sering terjadi adalah terutama saat sampel ditolak oleh pelanggan yaitu kesalahan gambar desain kain (tracing) dan kesalahan warna kain (strike off). Kesalahan ini berdampak pada waktu proses yang panjang dan kualitas produk yang dihasilkan. Permasalahan ini menyebabkan perlunya perbaikan pada proses produksi di PT. AF 1 Banjaran Bandung. Tahap perbaikan (improvement) yang dilakukan pada proses produksi PT. AF 1 dengan mengumpulkan data yang diperlukan, kemudian dari data tersebut dilakukan pemetaan proses produksi eksisting, selanjutnya diperlukan identifikasi value added pada proses produksi menggunakan streamlining. Streamlining akan menjadi target dalam melakukan perbaikan menggunakan metode Business Process Improvement (BPI). Dari hasil penelitian didapatkan bahwa efisiensi proses bisnis tracing mengalami peningkatan sebesar 4,07% dan proses bisnis strike off memiliki peningkatan sebesar 5,93%. Proses bisnis proses produksi usulan akan menjadi pedoman dalam merancang Standard Operating Procedure (SOP) pada proses produksi. Rancangan SOP diharapkan dapat mengurangi waktu siklus dan kesalahan-kesalahan yang terjadi pada proses produksi di proses produksi PT. Adetex Filament 1.

Kata kunci: Proses Bisnis, Business Process Improvement (BPI), Standard Operating Procedure (SOP), Streamlining, Processing Time.

Subjek

BUSINESS PROCESS
 

Katalog

Perbaikan Standar Operating Prosedure (SOP) Proses Produksi PT. Adetex Filament 1 (PT. AF I) Menggunakan Metode Bussiness Process Improvement (BPI)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADYA RACMA ASALIA
Perorangan
Sri Widaningrum, Murni Dwi Astuti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini